Pages

Subscribe:

Labels

Top Stories

Labels

Categories

Blogger templates

Blogger templates

Mengenai Saya

Foto saya
just the smile and the rain is gone

Pengikut

Blogger news

Sabtu, 17 Desember 2011

PENCAK SILAT : Keindahan yang Mematikan

Indonesia memanglah satu dari banyak negara yang memiliki banyak kebudayaan. salah satunya adalah pencak silat. pencak silat sendiri adalah beladiri asli indonesia.tak ada yang tahu pasti kapan pencak silat mulai didirikan. namun, dalam berbagai referensi dinyatakan pencak silat mulai menyebar pada abad ke tujuh masehi. pencak silat mempunyai keistimewaan tertentu di banding bela diri lain. keistimewaan yang paling menonjol yaitu pada gerakannya. dalam pencak silat gerakan gerakan yang ditunjukkan hampir seperti tarian. hal ini membuat pencak silat menjadi beladiri yang enak ditonton dan dipelajari.

selain gerakan yang memukau, di dalam pencak silat diajarkan tehnik tehnik kuncian untuk melumpuhkan lawan baik lawan bertangan kosong maupun lawan bersenjata. selain itu, berbagai macam olah pernafasan juga diajarkan dalam pencak silat. olah pernafasan dilakukan agar para pesilat mendapatkan energi lebih terutama dalam memecahkan benda benda keras sepeti besi, batu bata, dll. tak hanya itu, terkadang pernafasan dalam pencak silat juga digunakan untuk menciptakan energi guna menyerang lawan tanpa menyentuh seperti pukulan jarak jauh, dll.
saat ini, di indonesia terdapat berbagai aliran pencak silat. bahkan di setiap daerah memiliki aliran pencak silat tersendiri. seperti Merpati Putih di Jawa Tengah, Cimande di Jawa Barat, Sibelatok di Jakarta (betawi), Perisai Diri di Jawa Timur, Silat Harimau di Sumatra barat. masing masing memiliki kelebihan tertentu dan masing masing berda di dalam satu naungan federesi pencak silat (IPSI).

0 komentar:

Posting Komentar